KESEHATAN KELUARGA

Segudang Manfaat Telur

Makanan yang satu ini memang sering kali menjadi favorit keluarga. Selain harganya murah dan bisa diolah menjadi makanan apapun, telur juga memiliki segudang manfaat.

Desi Hariana | 16 Januari 2023

Telur adalah salah satu sumber nutrisi yang sering disebut sebagai ‘superfood’. Bisa diolah untuk makanan keluarga dalam beragam variasi, mulai dari ceplok, dadar hingga dicampurkan dalam adonan kue. Murah, enak, bergizi. Walaupun sebelum mengolahnya untuk keluarga, ibu tetap perlu berhati-hati dan memastikan dahulu bahwa tidak ada yang mengalami alergi telur.

Berikut adalah beberapa dari segudang manfaat telur bagi tubuh kita:

1. Padat gizi

Sebutir telur rebus memiliki gizi yang begitu banyak, mulai dari protein (6 gr), lemak (5 gr), vitamin A (8% AKG atau angka kecukupan gizi), folat (6% AKG), vitamin B2 (20% AKG) vitamin B5 (14% AKG), vitamin B12 (23% AKG), fosfor (7% AKG), selenium (28% AKG). Belum lagi kandungan vitamin D, vitamin E, vitamin B6, kalsium dan zinc.

Jadi bisa dibilang, telur memang benar-benar padat gizi karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Bahkan jika kita mengonsumsi telur yang diperkaya dengan omega-3, makan kandungan nutrisinya pun akan bertambah.

2. Meningkatkan kolesterol baik (HDL)

High-density lipoprotein, yang sering kita sebut sebagai kolesterol baik, banyak dikandung telur. HDL dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Dengan mengonsumsi telur sebanyak 1-3 telur per hari selama sebulan, dapat meningkatkan tingkat HDL hingga 6-13% pada orang yang masih muda dan sehat.

3. Membantu kesehatan mata

Para ahli menjelaskan bahwa antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanhin dapat membantu menjaga kesehatan mata, terutama dari penyakit penuaan seperti katarak dan degenerasi makula. Walaupun juga dapat ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam dan kale, tapi telur merupakan sumber terbaik dari antioksidan tersebut. Hal ini karena telur juga mengandung lemak yang memudahkan antoksidan dipergunakan oleh tubuh.

4. Mempertajam kerja otak

Vitamin D yang dikandung oleh telur ternyata baik untuk menjaga kesehatan sel-sel abu otak kita. Telur juga mengandung kolin yang dapat memperlancar sel-sel saraf (neuron) untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Kolin juga dibutuhkan oleh ibu hamil dan ibu menyusui untuk membantu perkembangan otak anak.

5. Membuat perut lebih kenyang

Telur merupakan makanan yang tinggi protein, sehingga dapat membuat kita merasa lebih kenyang. Hal ini sangat membantu bagi mereka yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 50 orang dewasa dengan kelebihan berat badan, makan telur dan roti, dibandingkan dengan makan sereal dengan susu/jus jeruk, dapat menekan rasa lapar hingga waktu makan berikutnya. Penelitian lain pun menemukan bahwa makan telur dapat mengurangi risiko naiknya lemak tubuh, terutama di area perut, yang diketahui dapat memicu penyakit sindroma metabolik.

6. Telur yang diperkaya omega-3, menurunkan kadar trigliserida

Tidak semua telur memiliki kandungan yang sama, tergantung dari pakannya dan cara ayam-ayam petelur tersebut diternakkan. Ayam petelur yang diberi pakan kaya akan omega-3, telurnya pun akan mengandung asam lemak omega-3 yang lebih tinggi. Asam lemak ini memiliki kelebihan dapat menurunkan kadar trigliserida di dalam darah, tingginya trigliserida dapat membahayakan kerja jantung. Jadi, dengan makan telur, kita juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Masih banyak lagi kelebihan yang diberikan telur bagi kesehatan kita. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan telur dalam menu makanan keluarga, agar kita dapat menikmati segudang manfaat telur.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan