KESEHATAN ANAK

Agar Anak Lahap Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah sumber makanan yang penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun sering kali anak menolak memakannya karena kurang menyukai rasanya. Bagaimana cara agar anak lahap makan buah dan sayur?

Desi Hariana | 30 Oktober 2021

Anak membutuhkan buah dan sayur dalam porsi yang cukup setiap harinya agar mereka dapat tumbuh sehat, kuat, dan dapat mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik. Sayangnya, kadang anak-anak kurang banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Panduan terbaru mengenai pola makan sehat adalah mengisi setengah dari piring kita dengan buah dan sayur. Hal ini disarankan karena buah dan sayur memiliki begitu banyak manfaat, seperti:

  • meningkatkan kesehatan secara keseluruhan
  • mengurangi kemungkinan terkena penyakit kronis
  • mengurangi kecenderungan berat badan berlebih atau obesitas.

Kuncinya adalah kreativitas ibu dan ayah dalam mengolah buah dan sayur.

Berbagai cara agar anak lahap makan buah dan sayur

Banyak cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak menyukai buah dan sayur. Hal ini penting ditanamkan sejak dini agar dapat menjadi kebiasaan saat anak beranjak dewasa. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Selalu menyediakan buah dan sayur di lemari pendingin. Saat anak meminta makanan kecil, daripada memberi anak makanan kecil yang bersodium tinggi, lebih baik beri potongan buah yang ia suka. Misalnya apel, pir, anggur, atau jeruk.
  2. Sering menyediakan olahan sayur atau sayuran segar di atas meja seperti salad, oseng sayur, gado-gado, atau lalapan.
  3. Mencoba untuk menyelipkan sayuran dalam makanan kesukaan anak seperti spaghetti atau lasagna.
  4. Sertakan buah dan sayur sebagai campuran di makanan atau camilan mereka. Misalnya memasukkan buah pisang atau stroberi di dalam sereal saat sarapan, alpukat di dalam roti lapis, atau sayuran di dalam mie goreng untuk bekal sekolah.
  5. Saat berbelanja, perbanyak membeli buah dan sayur, terutama yang disukai anak, dibandingkan dengan membeli camilan bergula atau bersodium tinggi seperti kue atau keripik.
  6. Kurangi atau batasi pemberian jus pada anak, lebih baik berikan buah segar.
  7. Makan bersama keluarga sesering mungkin agar anak dapat melihat atau mengadaptasi pola makan sehat dari orang tuanya.
  8. Jelaskan kepada anak pentingnya makan buah dan sayur bagi kesehatan. Berikan penjelasan yang mudah ia mengerti. Kalau perlu, menggunakan buku cerita atau alat bantu gambar agar menarik perhatiannya.

Hal yang paling penting adalah orang tua memberikan contoh bagi anak dengan makan buah dan sayur di hadapan mereka. Selain itu, pastikan bahwa asupan makanan lainnya juga tercukupi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Seluruh jenis makanan ini sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Ayo kita beri contoh pada anak agar lahap makan buah dan sayur sejak kecil.

‚ÄčReferensi:

Tag Terkait
buah dan sayur makan
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan