KESEHATAN IBU

Menikmati Kehamilan di Trimester Kedua

Saat memasuki trimester kedua, ibu sudah dapat menikmati masa-masa kehamilannya. Apa saja yang terjadi di kehamilan trimester kedua ini?

Desi Hariana | 11 Agustus 2021

Memasuki kehamilan minggu ke-13 hingga 28 (bulan keempat hingga keenam), ibu sudah memasuki trimester kedua. Perut ibu mulai terlihat membesar dan gerakan bayi pun sudah dapat dirasakan. Dalam kondisi normal, biasanya rasa mual, pusing, atau kelelahan yang muncul di trimester pertama sudah jauh berkurang. Itu sebabnya kebanyakan ibu sudah bisa menikmati kehamilan di trimester kedua ini.

Perubahan pada tubuh ibu

Seperti juga di trimester pertama, banyak perubahan yang terjadi di tubuh ibu saat ini. Beberapa perubahan tersebut antara lain:

1. Uterus atau rahim membesar. Akibatnya, ibu kadang merasakan sedikit kram atau rasa ‘kencang’ di perut bagian bawah. Kurangi rasa tak nyaman tersebut dengan melakukan olahraga ringan, mandi air hangat, atau menaruh botol air hangat (yang dibungkus handuk) di bagian perut yang sakit.

2. Perut membesar. Tekanan pada tulang punggung pun akan bertambah. Tak heran jika ibu mulai sering merasa pegal di punggung, terutama pada bagian bawah. Saat duduk selalu usahakan punggung berada dalam posisi tegak dan ditopang dengan baik oleh sandaran kursi atau bantalan punggung.

3. Gangguan di gusi. Perubahan hormonal menyebabkan beberapa gangguan kesehatan ringan. Salah satunya adalah gusi yang lebih sensitif dan mudah berdarah. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut. Biasanya kondisi ini akan menghilang setelah melahirkan.

4. Ukuran payudara bertambah. Payudara ibu semakin terlihat ‘berisi’ karena kelenjar-kelenjarnya mulai aktif untuk persiapan menyusui. Gunakan bra dengan ukuran yang lebih besar agar tidak menekan payudara hingga terasa sakit.

5. Sering buang air kecil. Membesarnya rahim akan berpengaruh pula pada kondisi organ lainnya di dalam perut ibu. Salah satunya adalah kandung kemih yang akan terdorong dan membuat ibu jadi sering buang air kecil.

6. Penambahan berat badan. Walaupun napsu makan Ibu mungkin sudah kembali, tapi jumlah nutrisi yang dikonsumsi tetap tak boleh berlebih. Ibu hanya perlu tambahan 300-500 kalori per hari di trimester kedua (untuk kehamilan tunggal), dengan kenaikan berat badan sekitar 200-400 gram per minggu.

Selain perubahan tersebut, masih ada beberapa gangguan kesehatan lainnya yang mungkin muncul seperti pusing, konstipasi, atau wasir. Namun tidak semua ibu akan merasakan gangguan yang sama.

Perubahan pada janin

Ukuran janin saat ini kira-kira sudah sebesar dada ayam dan mulai bisa menguap dan cegukan. Pada minggu ke-21 ibu bahkan sudah bisa merasakan gerakan tangan atau kakinya. Janin pun berkembang semakin pesat, di akhir trimester kedua ini beratnya bisa mencapai kurang lebih 1 kg.

Perubahan lain yang terjadi pada janin di trimester kedua ini:

Rambutnya mulai tumbuh. Ini terjadi sekitar minggu ke-16, di akhir minggu ke-22 ia bahkan sudah memiliki bulu mata dan alis.

Sistem pencernaannya semakin matang. Janin sudah bisa ikut ‘merasakan’ makanan yang ibu makan. Ia juga sudah mulai belajar untuk mengisap dan menelan.

Inderanya berkembang. Pada minggu ke-22 kehamilan, janin mulai dapat mencium, mendengar, serta mata kecilnya sudah mulai terbuka dan melihat.

Detak jantung terdengar. Kita sudah bisa mendengar detak jantungnya melalui stetoskop di usia kehamilan 20 minggu. Di bulan selanjutnya pembuluh kapiler mulai terbentuk untuk mengalirkan darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuhnya.

Perkembangan otak yang pesat. Mulai di minggu ke-17 otak janin mulai mengontrol detak jantung, membuatnya mampu menendang, hingga berkedip.

Di trimester kedua ini ibu bisa menikmati berbagai aktivitas kembali seperti berolahraga ringan, atau bekerja tanpa gangguan mual-mual di pagi hari. Sayangnya bagi beberapa ibu, gangguan yang dirasakan bisa jadi lebih berat. Segera konsultasikan diri ke dokter mengenai hal ini saat melakukan pemeriksaan rutin.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan