KESEHATAN KELUARGA

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Anggur memiliki sejarah panjang di dunia kesehatan, selama ribuan tahun ternyata buah ini telah dipercaya sebagai obat, karena anggur mengandung lebih dari 1600 senyawa. Apa saja manfaat buah anggur bagi kesehatan?

Dyah Soekasto | 25 Oktober 2021

Buah bernama Latin cantik Vitis vinifera ini identik dengan buah mahal. Namun buah yang aslinya bukan dari Indonesia ini, melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian, kini banyak ditemukan beragam varietas dan dapat tumbuh subur di Indonesia. Yuk, kita simak apa saja manfaat buah anggur bagi kesehatan.

Menyehatkan jantung

Manfaat buah anggur salah satunya adalah sumber Potasium yang baik, yang membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Kandungan Kalium pada anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup Potasium dan Kalium, jadi makan buah anggur dapat membantu mencukupi kebutuhan dua zat penting tersebut.

Menyehatkan kulit dan rambut

Biji anggur kaya akan vitamin E, yang membantu kulit tetap halus dan terhidrasi. Anggur juga dapat membantu mencegah jerawat dan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala agar rambut lebih sehat.

Membantu menurunkan berat badan

Anda mungkin tertawa dan tidak percaya bahwa buah yang manis ini dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi anggur dapat melakukan hal itu. Senyawa alami yang terkandung dalam anggur mempersulit sel-sel tubuh untuk menyimpan lemak serta membantu sel-sel lemak di tubuh Anda pecah lebih cepat. Namun ingat, jangan juga memakannya terlalu banyak. Satu porsi sehari atau sekitar 16 buah anggur.

Melindungi mata

Selain itu, manfaat buah anggur bagi kesehatan adalah dapat meredakan peradangan di tubuh dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kabar baik untuk mata Anda. Penelitian menunjukkan konsumsi anggur dapat mencegah atau menunda penyakit mata umum seperti katarak dan glaukoma.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Senyawa dalam anggur yang disebut resveratrol dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap kuman. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui dengan tepat bagaimana hal ini terjadi, yang pasti, resveratrol membantu menyembuhkan luka atau mencegah infeksi bakteri.

Baik untuk otak

Resveratrol dalam anggur memperlambat pemecahan sel yang secara alami terjadi seiring bertambahnya usia. Ini dapat mencegah pembentukan plak berbahaya di otak.

Membantu atasi sembelit

Kandungan air yang tinggi dalam buah anggur dapat membantu sistem pencernaan lebih lancar. Anggur juga kaya akan serat tidak larut, yang membuat kotoran lebih lunak.

Membuat tidur lebih nyenyak

Kulit anggur kaya akan melatonin, zat kimia yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Penelitian membuktikan melatonin dapat meredakan jet lag dan insomnia, serta menjaga suasana hati Anda.

‘Pengawal’ gula darah

Anggur memiliki "indeks glikemik rendah", yang artinya tidak menaikkan gula darah terlalu cepat. Karena itu, anggur adalah pilihan buah yang baik bagi penderita diabetes. Polifenol dalam anggur ungu juga dapat membantu mencegah diabetes tipe-2.

‘Pelawan’ kanker

Antioksidan dalam anggur dapat mencegah atau menunda pertumbuhan sel kanker.

Buah anggur atau jus anggur?

Beberapa suplemen memiliki nutrisi yang sama dengan anggur, tetapi makan buah anggur segar lebih disarankan. Selain meraup nutrisinya, Anda memperoleh serat alami dari anggur.

Warna warni anggur, mana terbaik?

Jumlah antioksidan dalam anggur tergantung pada varietasnya, di mana mereka tumbuh, dan bagaimana mereka dipetik dan diproses. Anggur merah dan ungu tua mengandung lebih banyak antioksidan dibanding putih atau hijau.

Ini lho kandungan nutrisi anggur

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA) anggur mengandung: kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, Kalium, Kalsium, zat besi, Magnesium, Fosfor, Natrium, seng, vitamin C, vitamin K, asam folat, vitamin B dan A, serta tinggi kandungan airnya.

Anggur juga tinggi antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Kulit anggur merah mengandung resveratrol fitokimia, melindungi beberapa penyakit dan kondisi kronis.

Flavonoid myricetin dan quercetin juga ditemukan dalam anggur. Ini membantu tubuh untuk melawan pembentukan radikal bebas yang berbahaya.


Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan