KESEHATAN KELUARGA

Pisang, Kaya Gizi dan Sarat Manfaat

Merugilah kita apabila tidak suka buah berwarna kuning yang tak kenal musim ini. Karena pisang kaya gizi dan sarat manfaat.

Dyah Soekasto | 16 Januari 2022

Pisang kaya akan karbohidrat, yang berbentuk pati pada pisang mentah dan gula pada pisang matang. Komposisi karbohidrat pisang berubah drastis selama proses pematangan.

Jenis gula yang paling umum dalam pisang matang adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pada pisang matang, kandungan gula total bisa mencapai lebih dari 16% dari beratnya.

Pisang memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah yaitu 42-58, tergantung pada kematangannya. GI adalah ukuran seberapa cepat karbohidrat dalam makanan meningkatkan gula darah. Kandungan pati dan serat yang tinggi pada pisang menandakan GI yang rendah.

Buah berwarna kuning bernama ilmiah Musa paradisiaca ini merupakan sumber serat yang baik, yakni pektin. Beberapa pektin dalam pisang larut dalam air. Saat pisang matang, proporsi pektin yang larut dalam air meningkat, ini salah satu penyebab utama mengapa pisang menjadi semakin lunak setiap hari.

Kaya vitamin dan mineral

Pisang adalah sumber vitamin B6, dan vitamin C. Selain itu, pisang adalah sumber potasium dan kalium yang baik. Kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Pisang mengandung vitamin B6 yang tinggi. Satu pisang berukuran sedang dapat menyediakan hingga 33% dari kebutuhan harian kita akan vitamin ini.

Manfaat pisang untuk kesehatan

Selain enak, pisang kaya kaya gizi dan sarat manfaat, berikut diantaranya:

  • Menyehatkan jantung: kandungan potasium pada pisang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 0,4 gr potasium. Jika Anda memperoleh 1,3-1,4 gr potassium/hari, itu sama artinya menurunkan 26% risiko terkena penyakit jantung.

Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid yang secara signifikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Sehatkan pencernaan. Pisang mengandung sejumlah besar pati dan pektin, yang merupakan jenis serat makanan. Pati dan pektin adalah nutrisi prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus. Selain itu, pisang juga mengandung butirat, asam lemak rantai pendek yang meningkatkan kesehatan usus.

Nah sudah terbukti, kan, bahwa pisang, kaya gizi dan sarat manfaat? Jadi, jangan tunda lagi, sertakan pisang dalam diet Anda sehari-hari.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan