RUMAH SEHAT

Mengusir Serangga dari Rumah

Sungguh tak menyenangkan jika melihat makanan manis dikerubuti semut, atau selalu terdengar dengungan nyamuk di malam hari. Ada cara mudah untuk mengusir serangga dari rumah Anda.

Anissa Aryati I 8 April 2020

Rumah sehat yang bebas serangga dapat membuat seisi rumah merasa betah dan nyaman tinggal di dalamnya. Meski kadang rumah sudah benar-benar dijaga kebersihannya, tetapi kadang ada saja yang membuat orang-orang di rumah merasa terganggu. Salah satunya adalah kemunculan serangga yang tak diundang. 

Munculnya serangga di rumah

Keberadaan serangga di rumah sering membuat repot. Ada cara mudah mengusir serangga dari rumah, atau paling tidak mengurangi jumlah populasinya, agar tidak berkembang banyak di rumah Anda. 

1. Nyamuk

‘Gigitan’ nyamuk membuat kulit terasa gatal dan beberapa nyamuk dapat menjadi ancaman bagi kesehatan keluarga. Beberapa penyakit yang ditularkan oleh nyamuk antara lain DBD (demam berdarah Dengue), Chikungunya, Zika dan lain sebagainya. 

Nyamuk masuk melalui pintu, jendela dan lubang ventilasi yang terbuka. Ini adalah cara untuk mengusir nyamuk:

  • menggunakan obat nyamuk semprot
  • hindari menggantung pakaian terutama yang berwarna gelap karena nyamuk suka dengan area yang gelap
  • memasang kawat anti nyamuk pada lubang ventilasi
  • melakukan 3 M yaitu menguras bak air, mengubur sampah yang dapat menjadi tempat menggenangnya air, dan menutup wadah penampungan air.

2. Semut

Semut sangat senang dengan makanan manis, dan mereka adalah makhluk yang berkoloni sehingga jumlahnya sering membuat kita ‘merinding’. Semut membuat sarang pada kayu yang lapuk, celah lantai dan bagian-bagian yang tersembunyi.

Gunakan kapur antisemut untuk mengusir semut. Torehkan di kaki-kaki meja, agar semut tak bisa leluasa naik ke atas meja. Pastikan meja tidak menempel pada dinding, karena semut dapat merambat melalui dinding.

3. Lalat

Lalat sering mencari makanan di tempat-tempat yang kotor seperti got atau tempat sampah. Tentunya Anda tak ingin kaki-kakinya juga mampir di makanan kita, kan? Lalat  bisa mencium aroma dari jarak jauh dan dapat berkembang biak dengan cepat. Larva lalat bisa menetas hanya dalam waktu 24 jam. 

Selain menggunakan semprotan serangga, Anda juga dapat mencoba memasang perangkap dengan cara:

  • siapkan tumbler atau tabung yang sudah tidak dipakai
  • isi dengan cuka apel dicampur cairan pencuci piring dan air hangat
  • aromanya akan mengundang lalat untuk masuk, namun ia tak dapat keluar lagi. 

4. Kecoa

Hampir semua orang tidak suka dengan keberadaan serangga yang satu ini. Apalagi ia dapat mengeluarkan bau tak sedap. Selain menyemprotnya dengan semprotan serangga, Anda juga dapat memasang perangkap insektisida di beberapa tempat lembab dan tersembunyi, seperti di bagian belakang bawah kloset, di bawah mesin cuci, dan di dekat tempat sampah. 

5. Laba-laba

Laba-laba rumah ukurannya kecil dan umumnya tak mengganggu. Bahkan mereka dapat membantu memangsa serangga lain di rumah. Jika ada yang tidak suka, bahkan takut dengan laba-laba, Anda dapat mengusirnya dengan membersihkan sudut-sudut rumah yang sering mereka jadikan tempat untuk membuat jaring. 

Secara garis besar, cara mengusir serangga dari rumah adalah dengan selalu menjaga kebersihan, mengeluarkan sampah secara teratur, dan menutup makanan dengan baik. Jika melihat ada lubang yang dapat dipergunakan sebagai ‘sarang’ segera tutup dengan semen. Selain itu, selalu siapkan obat semprot serangga di rumah, jauhkan dari jangkauan anak.

Referensi :

  • https://www.bobvila.com/slideshow/10-bugs-that-are-living-in-your-house-and-how-to-get-them-out-50827#cockroaches
  • Htttps://webmd.com/a-toz-guides/ss/slideshow-bugs-in-you-house
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan