TUMBUH KEMBANG

Mengenalkan Huruf dan Angka pada Anak

Huruf dan angka adalah konsep dasar yang perlu dipahami oleh anak sebelum ia masuk sekolah. Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak?

Desi Hariana | 29 Februari 2024

Sejak dilahirkan, bayi telah mampu menyerap berbagai informasi yang ia terima dari lingkungannya. Peneliti menemukan bahwa ada sekitar 700 trilyun koneksi antar neuron di otak bayi pada masa awal kehidupannya. Hal ini membuat anak lebih mudah menyerap berbagai konsep baru yang diperkenalkan padanya. Nah, jika memang demikian, kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan huruf, dan angka pada anak?

Mengenalkan huruf pada anak

Kebanyakan anak sudah dapat mengenali beberapa huruf di usia 2-3 tahun, dan dapat mengidentifikasi sebagian besar huruf atau alfabet di usia 4-5 tahun. Jadi, sebenarnya kita sudah dapat mengenalkan konsep huruf pada anak di usia sekitar 2 tahun. Namun jangan berharap anak dapat dengan cepat menguasainya, ia masih akan membuat kesalahan di sana-sini.

Langkah pertama dalam mengenalkan huruf pada anak adalah dengan memancing rasa tertariknya, misalnya dengan cara:

  • mengajak anak mengisi lembar kreativitas seperti mewarnai huruf
  • membacakan cerita padanya
  • membentuk nama dengan balok-balok huruf mainannya
  • ketika anak mulai mengenali huruf, ajaklah ia membuat kata-kata yang diawali dengan huruf tersebut.

Mengenalkan angka pada anak

Anak dapat mulai dikenalkan pada konsep angka di usia paling muda 12 bulan. Pada usia 2 tahun, umumnya anak sudah dapat menghitung hingga 10, walaupun mungkin masih ada beberapa angka yang terlewat karena ia belum terlalu paham konsep berhitung. Antara usia 3-4 tahun, anak mulai memahami konsep tambah kurang, atau lebih banyak dan lebih sedikit serta mengaplikasikannya pada kegiatan sehari-hari.

Anda dapat mengajak anak untuk melakukan beberapa aktivitas berikut untuk mengenalkannya pada angka:

  • meminta mereka menghitung kancing ketika mengenakan baju
  • mengajarkan cara menghitung angka yang benar secara bertahap
  • mengisi lembar aktivitas yang menyambungkan titik-titik berdasarkan angka
  • menunjukkan sebuah angka dan minta anak untuk menyebutkannya
  • bermain tambah dan kurang menggunakan mainan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua

Saat mengenalkan huruf dan angka pada anak, tentunya hal yang penting kita lakukan adalah tidak memaksakan anak untuk bisa memahami konsepnya secepat mungkin. Kita harus mengingat kembali bahwa pada dasarnya, anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, jadi jangan menggunakan patokan ‘anak lain’ dalam mengajarkan anak kita sendiri.

Selain itu, jadikan proses mengenalkan huruf dan angka ini menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi anak, sehingga ia ingin selalu mengulangnya dan belajar lebih banyak. Hindari memberi tantangan pada anak seperti menggunakan flash card, jika anak tidak mau atau tidak tertarik untuk melakukannya. Mungkin anak lebih suka mengenal huruf dan angka dengan cara yang lain, misalnya melalui aktivitas menggambar atau bernyanyi.

Perbanyak waktu bermain bersama anak saat Ayah dan Ibu sedang berada di rumah. Ketika sedang bermain inilah, kita dapat menyisipkan pengenalan mengenai huruf dan angka dengan anak. Sehingga suasananya pun tetap menyenangkan bagi anak dan ia pun merasa lebih dekat dengan orangtuanya.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan