KESEHATAN KELUARGA

Mengenali Lipoma di Tubuh Anda

Benjolan yang muncul di tubuh banyak jenisnya, tidak semuanya berbahaya. Salah satunya adalah lipoma atau lipom. Anda perlu mengenali lipoma yang mungkin saja muncul di tubuh Anda.

Desi Hariana | 20 September 2021

Lipoma adalah benjolan yang berisi sel-sel lemak yang terbentuk di antara kulit dan lapisan otot. Benjolan atau tumor yang tak berbahaya ini biasanya ditemukan pada orang dewasa (usia 40-60 tahun), walaupun tidak menutup kemungkinan muncul pada mereka yang lebih muda atau anak. Seseorang biasanya memiliki lebih dari satu lipoma di tubuhnya. Lipoma dapat menekan saraf sehingga terasa sakit, atau membesar. Jika ini terjadi lipoma perlu diperiksa lebih teliti lagi.

Penyebab munculnya lipoma

Lipoma merupakan benjolan yang cukup sering ditemukan, sekitar 1 dari 1000 orang pernah memilikinya, setidaknya satu lipoma dalam hidupnya. Benjolan lipoma ini sering ditemukan di tubuh bagian atas seperti leher dan bahu, tangan, atau paha.

Penyebab munculnya lipoma masih belum dapat dipastikan oleh para ahli. Namun pada umumnya, mereka yang memiliki lipoma di tubuhnya mewarisi sifat genetik atau bawaaan dari orang tua.

Membedakan dengan benjolan berbahaya

Semua benjolan yang muncul di tubuh memang sering membuat kita khawatir. Namun umumnya lipoma bisa kita rasakan melalui sentuhan, seperti:

  • Posisinya dekat ke permukaan kulit.
  • Terasa kenyal saat disentuh.
  • Biasanya berukuran kecil (di bawah 5 cm), namun dapat membesar secara perlahan.
  • Kulit di atasnya tak ada perubahan tekstur maupun warna.
  • Mungkin terasa sakit jika menekan saraf yang ada di sekitarnya.

Jika benjolan yang muncul terlihat membengkak perlu pemeriksaan lebih lanjut. Untuk menentukan apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak perlu diagnosis dari dokter seletah melakukan serangkaian tes. Salah satunya dengan melakukan biopsi. Lipoma kadang menyerupai liposarcoma, satu jenis kanker yang dapat berkembang cepat dan sering menyakitkan.

Perlukah dioperasi?

Saat dokter memeriksa lipoma dan dianggap tak membahayakan, biasanya tidak diperlukan tindakan apapun. Namun jika Anda merasa bahwa lipoma yang ada di tubuh terasa sakit atau benjolannya mengganggu, dapat dilakukan beberapa cara untuk mengatasinya:

  • Suntikan steroid. Menyuntikkan steroid pada lipoma dapat membuat ukurannya mengecil, tapi tidak menghilangkannya.
  • Sedot lemak. Lemak yang berada di dalam ‘kantung’ lipoma akan disedot menggunakan jarum khusus.
  • Operasi. Lipoma berukuran kecil dapat diambil melalui prosedur operasi ringan dengan bius lokal. Namun jika lipoma berukuran besar (di atas 5 cm) dan untuk mengangkatnya butuh kehati-hatian lebih, akan dilakukan operasi dengan bius total.

Pada dasarnya, lipoma bukanlah tumor yang berbahaya dan tidak perlu dilakukan tindakan khusus jika tidak mengganggu. Namun demikian, Anda tetap perlu mengenali lipoma di tubuh Anda sekiranya perlu pemeriksaan atau penanganan dokter lebih lanjut.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan