KESEHATAN ANAK

Hal yang Perlu Disiapkan Ibu Sebelum Sekolah Tatap Muka

Perkembangan kasus baru COVID-19 yang semakin menurun di beberapa daerah mendorong sekolah untuk kembali dibuka. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan anak sebelum kembali mengikuti sekolah tatap muka?

Advertorial | 27 September 2021

Saat mendengar kabar tentang pemberlakuan kembali belajar tatap muka, banyak orangtua, terutama ibu, menjadi khawatir. Anak memang membutuhkan sosialisasi dalam belajar, ibu juga mungkin sudah lelah mendampingi anak belajar di rumah. Di satu sisi ibu ingin anak dapat belajar sambil bertemu langsung guru dan teman-temannya, tapi di sisi lain juga khawatir akan kesehatan anak.

Kekhawatiran ini tentu saja sangat wajar kita rasakan. Namun demikian, cepat atau lambat, pembelajaran tatap muka memang pasti akan diberlakukan kembali. Nah, agar tidak terlalu merasa khawatir, yuk kita bantu anak mempersiapkan diri sebelum sekolah tatap muka dimulai.

1. Melakukan vaksinasi COVID-19 

Jika anak ibu sudah di atas 12 tahun, segera lakukan vaksinasi COVID-19 untuknya. Kemungkinan terinfeksi memang masih ada, namun dengan vaksinasi anak akan terhindar dari gejala berat.

2. Memberikan latihan protokol kesehatan

Bagi anak tidak mudah untuk mengenakan masker seharian atau menahan diri untuk menjaga jarak dari temannya. Ingatkan pada anak mengapa ia harus melakukannya. Kalau perlu, sebelumnya ia bisa berlatih dulu di rumah.

3. Siapkan makanan dan minuman dari rumah

Salah satu cara untuk menghindari terinfeksi penyakit, termasuk COVID-19, adalah dengan mempersiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah. Ia dapat memakannya di jam istirahat.

4. Memperkuat imunitas tubuh anak

Beri ia makanan yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral penting, untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Terutama untuk anak di bawah 12 tahun yang belum bisa divaksinasi.

Fungsi vitamin C dalam memperkuat imunitas

Salah satu mikronutrien penting bagi anak adalah vitamin C yang memiliki begitu banyak manfaat, seperti:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vitamin C mendorong produksi sel darah putih (limfosit dan fagosit) yang berperan penting dalam mencegah terjadinya infeksi.
  • Memiliki kemampuan antioksidan yang berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kemungkinan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas
  • Membantu melindungi kulit serta mempercepat sembuhnya luka.

Sederet manfaat vitamin C ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh anak agar mereka terlindungi dari serangan kuman penyakit, dan dapat bebas melakukan berbagai aktivitas.

Kebutuhan vitamin C keluarga bisa didapatkan dari buah dan sayuran hijau yang dikonsumsi sehari-hari. Namun penyimpanan dan proses pengolahan makanan yang kurang ideal dapat membuat kandungan vitamin C di dalamnya menjadi rusak (teroksidasi). Akibatnya, asupan vitamin C tubuh tidak tercukupi.

Untuk memenuhi kebutuhan anak akan vitamin C, ibu dapat memberikan suplemen vitamin C khusus untuk anak, seperti Holisticare Ester C Kids yang memiliki berbagai keunggulan, seperti:

  • Lebih tidak perih di lambung.
  • Mengandung metabolit yang meningkatkan penyerapan vitamin C.
  • Bertahan di dalam tubuh lebih lama (memiliki bioavailabilitas yang baik)
  • Mengandung pemanis alami Xylitol yang dapat memelihara kesehatan gigi.
  • Berbentuk tablet hisap rasa jeruk yang enak, juga bentuknya yang lucu sehingga disukai anak.

Mematuhi protokol kesehatan 

Selain vaksinasi serta memerhatikan asupan nutrisinya, ingatkan juga pada anak untuk selalu mengikuti protokol kesehatan (6M) baik di sekolah maupun lingkungan sekitar, yaitu:

  • Menjaga jarak
  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Membatasi mobilitas
  • Menghindari keramaian atau kerumunan
  • Menghindari makan bersama

Semoga sekarang ibu tak khawatir lagi melepas anak untuk sekolah tatap muka.

(DHA)

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan