KESEHATAN ANAK

Anak Menolak Minum Susu Sapi

Dulu mau, kok sekarang anak menolak minum susu sapi? Mungkinkah nutrisinya bisa tetap tercukupi bila ia tidak mengonsumsi susu sapi sama sekali?

Anissa Aryati | 26 September 2022

Mungkin Si Kecil sudah bukan bayi lagi yang setiap beberapa menit menangis dan minta menyusu. Tetapi di usia prasekolah, susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang masih sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh-kembang anak. Setiap pagi Anda membujuknya untuk minum susu sapi namun ia menolaknya. Mengapa demikian?

Penyebab anak menolak susu sapi

Sebagai ibu mungkin Anda merasa kecewa dan sedikit jengkel. Anda khawatir bila kebutuhan nutrisi anak kurang terpenuhi akibat tidak mengonsumsi susu sapi. Ternyata hal ini cukup sering terjadi. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Science menyebutkan bahwa konsumsi susu sapi di kalangan anak-anak di Amerika Serikat dalam kurun waktu 2008 hingga 2017 menurun hingga 14,2%.

Menurunnya konsumsi susu pada anak-anak tak hanya menimbulkan tanda tanya di kalangan orangtua yang peduli dengan nutrisi anak-anak, tetapi juga para praktisi di dunia kesehatan.

Beberapa hal yang sering dikaitkan dengan menurunnya konsumsi susu sapi pada anak-anak diantaranya:

  • Tersedianya beragam alternatif pengganti susu sapi seperti susu almon, susu kedelai, susu oat bahkan santan.
  • Kekhawatiran akan kandungan hormon yang digunakan di peternakan sapi untuk meningkatkan produksi susu akan menimbulkan dampak buruk pada kesehatan anak yang mengonsumsinya.
  • Adanya alternatif minuman di luar susu seperti jus maupun soda.

Membantu anak yang menolak minum susu

Susu sapi merupakan salah satu elemen dalam diet sehat yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi anak-anak. Hal ini ditekankan pula oleh American Academy of Pediatrics bahwa kandungan penting dalam susu sapi seperti kalsium, vitamin D, protein, lemak, seng dan juga nutrisi lainnya sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan anak.

Kalsium dan vitamin D yang terdapat dalam susu sapi bermanfaat dalam merawat kesehatan tulang dan gigi. Sementara kandungan protein dalam susu sapi bermanfaat dalam membantu pertumbuhan otot, dan lemak sebagai penyedia energi. Mengingat begitu banyak kandungan penting yang terdapat dalam susu sapi, maka tak heran jika ibu merasa khawatir nutrisi anak juga berkurang karena tidak suka minum susu sapi.

Padahal tidak demikian faktanya, susu tetap dibutuhkan namun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit dibandingkan saat ia masih bayi, karena kebutuhan nutrisinya sebagian besar sudah terpenuhi dari makanan. Oleh karena itu, Ibu dapat membantu mengawasi dan memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan memberinya makanan padat gizi secara teratur, tak lupa juga memenuhi kebutuhan anak akan vitamin dan mineral.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan