KESEHATAN ANAK

Sinar Matahari Meningkatkan Mood dan Konsentrasi Anak

Anak perlu terpapar sinar matahari yang cukup karena sinar matahari meningkatkan mood dan konsentrasi anak.

Anissa Aryati | 22 Maret 2022

Secara umum, sinar matahari memiliki manfaat sebagai sumber vitamin D yang baik. Hal ini diperkuat dalam sebuah studi yang menemukan bahwa sinar matahari, khususnya ultraviolet B (UVB), ketika mengenai kulit maka akan mengubah kolesterol dalam sel-sel kulit menjadi energi untuk mensintesis vitamin D. Selain itu, sinar matahari juga ternyata dapat meningkatkan mood dan konsentrasi anak.

Korelasi antara sintar matahari dengan mood dan konsentrasi

Bandingkan perasaan Anda ketika membaca buku di dalam sebuah ruangan yang terang karena mendapat sinar matahari yang cukup, dengan di ruangan yang lebih redup. Tentunya kita akan memilih untuk berada di ruangan yang lebih terang karena membuat kita merasa lebih senang dan bersemangat.

Hal ini juga berlaku sama bagi anak ketika mereka belajar di ruangan dengan sinar matahari yang cukup. Inilah yang menyebabkan paparan sinar matahari dapat meningkatkan mood dan konsentrasi belajar anak.

Dalam sebuah penelitian, cahaya terang matahari memiliki dampak penting pada otak, khususnya dalam proses pembentukan sinapsis baru, serta meningkatkan fokus dalam mempelajari hal bari. Penelitian lain yang turut pula dilakukan oleh Maruani dan Geoffroy pada 2019 juga menyebutkan bahwa terapi sinar matahari dapat menjadi terapi bagi gangguan depresi.

Semakin terang sinar matahari maka tingkat kekuatan cahayanya (lux) akan semakin tinggi. Sebagai contoh, hari cerah yang tidak disertai awan maka tingkat kekuatan cahayanya berkisar 100.000 lux. Hari mendung sekitar 10.000-40.000 lux.

Pencahayaan di ruangan pun berbeda tingkatannya. Ruang yang terkena sinar matahari langsung memiliki tingkat kekuatan cahaya sekitar 500 lux, sementara yang tidak mendapat sinar matahari langsung, atau menggunakan bantuan lampu, sekitar 50 lux.

Pastikan ruangan anak belajar mendapat cahaya matahari yang cukup

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan betapa bermanfaatnya sinar matahari bagi proses belajar anak. Contohnya penelitian Mott et al 2011; Mott et al 2014, yang membuktikan bahwa anak-anak lebih lancar membaca di ruang kelas yang sangat terang. Penelitian lain pun menyebutkan bahwa anak-anak dapat tampil lebih baik dalam tes matematika di ruangan yang terang karena sinar matahari.

Mengingat sinar matahari meningkatkan mood dan konsentrasi anak dalam belajar, sangat disarankan untuk mendorong anak lebih banyak belajar di siang hari daripada malam hari. Selain itu juga sebaiknya menghindari belajar di ruangan dengan pencahayaan kurang atau remang-remang.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan