PSIKOLOGI ANAK

Aktivitas untuk Mempertajam Memori Anak

Selain nutrisi, anak-anak juga membutuhkan stimulasi untuk mengasah kecerdasan otaknya. Ayo coba beberapa aktivitas untuk mempertajam memori anak usia prasekolah.

Desi Hariana | 11 Februari 2022

Stimulasi biasanya dilakukan sambil bermain. Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan dapat mengasah keterampilan anak seperti motorik kasar, halus, juga kecerdasannya. Selain itu, bermain bersama anak juga dapat memperkuat bonding alias kelekatan antara anak dan orangtua. Berikut beberapa usulan aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk mempertajam memori anak:

1. Gelas ajaib

Permainan paling mudah dilakukan dan hanya membutuhkan beberapa alat yang mudah ditemukan di rumah. Tiga buah paper cup dan satu koin atau bola kecil. Anak melatih kemampuannya dalam mengingat posisi sebuah benda.

Cara bermain:

Anda berdua duduk berhadapan, telungkupkan ketiga paper cup dan minta anak memerhatikan saat Anda memasukkan koin atau bola di bawah salah satu gelas. Ubah posisi gelas beberapa kali dan minta anak menunjukkan di mana koin atau bola kecil itu berada. Anda bisa bermain bergantian.

2. Kata berakhiran sama

Permainan seru bagi anak-anak yang sudah memiliki kosa kata cukup banyak. Ia dapat melatih keterampilan bahasanya dengan mengingat kata-kata berakhiran sama.

Cara bermain:

Anda sebutkan satu kata, misalnya ‘kucing’, lalu anak harus menyebutkan kata yang berakhiran sama, misalnya ‘pancing’, lakukan secara bergiliran hingga salah satu pemain tak dapat menyebutkan kata berakhiran sama. Lalu giliran anak yang menyebutkan kata pertama, permainan diteruskan kembali dengan cara yang sama.

3. Mengingat benda

Aktivitas sederhana ini dapat melatih mempertajam memori anak dengan cara yang sangat mudah, namun tetap menantang.

Cara bermain:

Ambil beberapa benda di sekitar Anda, misalnya mainan, gunting kuku, remote control, pulpen, kartu, koin, lalu taruh di sebuah tempat seperti baki atau kotak permainan anak. Beri waktu anak untuk mengingat benda apa saja yang ada di dalamnya, lalu tutup dengan kain. Minta anak menyebutkannya satu persatu. Jika jawabannya benar atau banyak yang benar, Anda dapat memberinya hadiah kecil.

4. Mama/Ayah bilang

Permainan ini sangat seru dilakukan bersama beberapa anak. Diadaptasi dari permainan ‘Simon Says’ yang cukup terkenal. Lakukan di area yang cukup luas, misalnya ruang keluarga.

Cara bermain:

Anda berdiri di depan anak lalu berikan sampaikan bahwa mereka harus mengikuti instruksi yang diawali dengan kata-kata ‘Mama/Ayah bilang’. Jika tidak diawali dengan kata-kata tersebut, berarti instruksinya salah dan anak-anak tidak boleh mengikutinya. Berikan instruksi secara bergantian, antara instruksi yang benar dan yang salah. Anak harus berkonsentrasi mendengarkan perkataan Anda.

5. Menuliskan huruf di punggung

Bisa Anda melakukan permainan ini dengan anak-anak yang sudah mulai belajar menuliskan huruf. Melatih anak mempertajam memorinya akan berbagai huruf yang sudah ia pelajari.

Cara bermain:

Anak memunggungi Anda dan dengan jari telunjuk Anda menuliskan satu huruf di punggungnya. Minta anak menebak huruf apa yang ditulis. Lakukan secara bergantian.

6. Kartu berpasangan

Sebelumnya, Anda perlu mencarikan kartu-kartu dengan gambar berpasangan, atau membuatnya sendiri. Sesuaikan jumlah kartu dengan kemampuan anak. Jika ia sudah mahir, jumlah kartu bisa ditambah.

Cara bermain:

Kocok semua kartu, lalu jejerkan di atas meja atau lantai dengan gambar di bagian bawah. Bergantian membuka kartu dua kali dan menutupnya kembali sambil mengingat posisinya. Carilah kartu yang berpasangan lalu menyimpannya. Siapa yang berhasil menyimpan pasangan kartu terbanyak, dia yang menang.

Masih banyak aktivitas untuk mempertajam memori anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain menyenangkan, tidak membosankan, juga membuatnya lebih cerdas.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan