KESEHATAN KELUARGA

Permasalahan Seputar Kuku

Kuku kita menempel di bagian tubuh yang aktif ‘bekerja’, yaitu jari tangan dan kaki. Bila tidak dirawat dan dipotong secara teratur maka permasalah seputar kuku bisa muncul dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anissa Aryati | 15 Oktober 2021

Jika dirawat dengan benar, kuku akan memberi kesan positif bagi pemiliknya. Kuku pada jari tangan dan kaki tumbuh dengan kecepatan yang berbeda. Kuku pada jari tangan tumbuh lebih cepat, sekitar 1/10 mm setiap hari, sementara kuku jari kaki tumbuh sekitar 1/5-1/3 mm setiap harinya. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh faktor usia, dimana pertumbuhan kuku orang dewasa jauh lebih lambat dibandingkan anak-anak.

Merawat menghindari masalah

Jari tangan dan kaki adalah bagian tubuh manusia yang paling aktif bergerak. Ujung-ujung kuku kerap terlibat interaksi saat tangan maupun kaki kita bergerak. Ujung kuku ikut menempel saat tangan memegang pulpen, saat meraba kain, kuku sering bersentuhan dengan benda dan lingkungan di sekitar kita. Begitu pula dengan kuku kaki yang bersentuhan dengan lingkungan yang akrab dengan debu.

Celah pada kuku jari tangan dan kaki sering menjadi tempat bagi kotoran dan kuman untuk menetap bila tidak kita bersihkan atau rapikan. Merapikan dengan cara memotong kuku secara rutin dapat menghindarkan dari berbagai masalah kuku.

Apa saja permasalahan seputar kuku yang sering timbul

  • Kuku jari kaki tumbuh ke dalam (ingrown toenail)

Pemotongan kuku jari dengan cara yang benar akan menghidarkan kuku jari kaki tumbuh ke dalam, hal ini dapat menyebabkan nyeri dan infeksi.

  • Kuku rapuh, terbelah dan terkelupas. Ini terjadi ketika tangan dan kaki sering kontak dengan air, sabun dan bahan kimia dengan kadar deterjen yang kuat. Penggunaan losion dapat membantu melembabkan kulit tangan dan kaki.
  • Perubahan warna kuku

Warna hitam pada kuku akibat cedera tersandung atau lainnya membuat darah membeku pada bagian dalam kuku dan menimbulkan perubahan warna.

  • Kuku lepas bisa terjadi karena cedera atau hal lainnya. Untuk tumbuh kuku baru pada tangan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan, sementara kaki sekitar 18 bulan.
  • Infeksi jamur pada kuku biasanya ditemukan pada atlet, infeksi jamur ini biasanya muncul di sela-sela jari kaki dan sering disebut penyakit athlete’s foot (tinea pedis)
  • Hangnails terjadi akibat infeksi ringan di sebelah kuku (paronychia) yang menyebabkan kulit di sekitar kuku membengkak dan lunak.

Perawatan kuku secara umum

Merawat dan membersihkan kuku juga memerlukan teknik yang benar. Sebagai contoh dalam kasus orang dengan diabetes, memotong kuku harus dilakukan dengan hati-hati karena luka kecil yang disebabkan kesalahan pemotongan kuku bisa berakibat fatal.

Memotong kuku secara umum bisa dilakukan dengan teknik berikut;

  • Potong kuku saat mulai terlihat panjang dengan model lurus dan jangan melengkung
  • Gunakan gunting yang sesuai dan lakukan pembersihan dengan disinfektan, sebelum dan setelah digunakan untuk menggunting kuku
  • Menggunting kuku jangan dalam kondisi basah karena bisa menyebabkan sobekan pada kuku.
  • Sisakan sedikit kuku saat memotongnya, karena kuku yang dipotong terlalu pendek rentan infeksi.
  • Ratakan bekas potongan dengan kikir kuku. Gosok dengan lembut dan searah, serta hindari menggosok dengan arah bolak-balik.

Merawat dan membersihkan kuku perlu diperhatikan agar terhindar dari permasalahan seputar kuku. Tidak semua masalah kuku bisa sembuh dengan sendirinya. Beberapa diantaranya memerlukan penanganan dokter dan pembedahan, seperti pada kasus kuku tumbuh ke dalam. Maka jangan pernah mengabaikan perawatan kuku, termasuk mengetahui cara memotong kuku yang benar secara teratur.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan