KESEHATAN KELUARGA

Mulut Terasa Pahit

Banyak hal bisa menyebabkan mulut terasa pahit dan pengobatan bisa dilakukan dengan mudah apabila tidak berhubungan dengan masalah kesehatan.

Anissa Aryati | 11 Januari 2020

Manusia dikarunia indera perasa untuk membedakan rasa asin, manis, asam maupun pahit. Rasa manis, asam, asin, mungkin sudah familiar bagi lidah Anda. Namun bagaimana bila yang terjadi adalah rasa pahit di lidah?

Indikator yang mungkin berhubungan

Mulut terasa pahit bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah mengonsumsi beberapa jenis makanan yang meninggalkan rasa pahit seperti kopi, kacang pinus atau makanan lain semisal daun pepaya. Selain itu mulut terasa pahit juga bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan. Bila rasa pahit tidak jua berlalu, dan mulai mengganggu Anda, cermati apa penyebabnya.

  • Mulut kering

Mulut kering terjadi ketika mulut tidak menghasilkan cukup air liur, karena air liur membantu mengurangi bakteri di mulut. Kondisi ini sering disebut xerostomia.

  • Permasalahan di gigi

Banyak permasalahan pada gigi yang bisa membuat mulut terasa pahit. Beberapa diantaranya adalah gigi berlubang, infeksi, dan radang gusi. Hal lain yang bisa menjadi pemicu mulut terasa pahit adalah kurangnya merawat kebersihan gigi.

  • Kehamilan

Pada saat hamil hormon estrogen berfluktuasi dan dapat mengubah indera perasa. Rasa pahit yang banyak dialami selama kehamilan akan menghilang setelah melahirkan.

  • Konsumsi obat dan vitamin tertentu

Beberapa obat atau suplemen meninggalkan rasa pahit di mulut beberapa saat setelah ditelan karena sebagian akan ikut terbawa keluar kembali oleh air liur. Beberapa obat yang sering membuat mulut terasa pahit diantaranya; antibiotik tetrasiklin, beberapa obat jantung dan obat gangguan kejiwaan serta vitamin dan suplemen yang memiliki kandungan seng, kromium, atau tembaga.

  • Merokok

Tembakau pada rokok bisa meninggalkan rasa pahit di mulut dalam waktu yang cukup lama. Tumpukan rasa pahit bisa tertinggal lebih banyak mulut apabila seseorang mengisap rokok lebih dari satu batang sehari.

  • Penyakit

Penyakit tertentu seperti flu, autoimun, refluks asam lambung (GERD), sariawan dan infeksi sinus dapat menyebabkan kekeringan dan menyebabkan mulut terasa pahit.

Selain beberapa hal di atas, mulut terasa pahit juga bisa disebabkan karena seseorang mengalami kecemasan atau pada wanita mengalami monopouse.

Menangani mulut pahit

Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin baik dengan sikat yang lembut atau pun benang. Penyikatan bisa dilakukan setelah makan, sebelum dan setelah bangun tidur. Cara lain dengan menggunakan obat kumur antibakteri.

Cara lain adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu meningkatkan produksi air liur. Bagi seorang yang merokok sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Bila dengan segala cara rasa pahit tak juga hilang mungkin itu berasal dari masalah kesehatan, jadwalkan pertemuan dengan dokter Anda.

Referensi :

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan