KESEHATAN ANAK

Mengajari Anak Hidup Sehat Sejak Dini

Kita cukup sering mendengar orang-orang muda yang mengalami berbagai penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup. Hal ini sebenarnya dapat kita hindari dengan mengajari anak hidup sehat sejak dini.

Desi Hariana  |  5 November 2020

Orang tua merupakan guru pertama anak. Dari kitalah anak-anak belajar mengenai banyak hal dalam kehidupannya, terutama mengadopsi kebiasaan sehat yang dilakukan sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa diajarkan oleh orang tua di rumah untuk mengajari anak hidup sehat sejak dini. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Kebiasaan makan dengan isi piring ‘warna-warni’

Karbohidrat hanya dibutuhkan seperempat dari isi piring, dan sisanya bisa kita isi dengan daging/ayam/ikan, dan sayur-sayuran. Tanamkan pada anak bahwa semakin ‘berwarna’ isi piring kita, semakin seru dan ia bisa semakin sehat. Pastikan juga anak tidak melewatkan salah satu waktu makannya, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Makan teratur justru dapat mengurangi keinginannya untuk nyemil secara berlebihan.

 

2. Selalu aktif bergerak

Sesekali menikmati waktu senggang bersama dengan menonton TV sambil tiduran di sofa, atau membiarkan anak asyik dengan permainan di gawainya. Anak juga butuh istirahat dan menikmati hobinya. Namun kebiasaan hidup sedentary (tidak banyak bergerak) ini adalah ‘penyakit’ umum orang di zaman moderen. Kebiasaan yang nantinya akan sangat merugikan.

Usahakan untuk selalu aktif bergerak dengan mengajak anak melakuan kegiatan di dalam maupun di luar ruang. Bermain bola di halaman, melakukan senam bersama atau bersepeda di sekitar perumahan adalah hal yang mudah dilakukan dan menyenangkan untuk anak.

3. Menghindari asupan gula

Untuk menghindari obesitas, berbagai penyakit kronis, atau gangguan perilaku pada anak, kurangilah asupan gula pada makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Salah satu alternatifnya adalah dengan memperbanyak makanan yang mengandung gula alami seperti buah. Anak-anak juga umumnya menyukai buah atau jus buah.

Alih-alih memberikan gula pasir untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman anak, Anda dapat menambahkan sesendok teh madu. Tapi ingat, jangan berikan madu pada anak di bawah 1 tahun karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

4. Membiasakan mandi dan gosok gigi secara teratur

Tubuh kita diliputi oleh banyak kuman penyebab penyakit saat berkegiatan sehari-hari. Dengan rajin mandi dan gosok gigi sehari dua kali (pagi dan sore), anak-anak akan terhindari dari berbagai penyakit kulit, infeksi dari kuman penyakit, dan gigi berlubang.

Pastikan anak paham akan langkah-langkahnya, mulai dari membasuh badan dengan air, menyabuni badan hingga ke sela-sela anggota tubuh, dan membasuhnya kembali hingga bersih. Begitu juga dengan gosok gigi, ajari anak agar benar menggunakan sikat giginya.

5. Kebiasaan tidur tepat waktu

Tidur adalah saat yang tepat untuk memulihkan tenaga, juga memberikan kesempatan agar tubuh dapat memperbaiki sel-sel mati dengan yang baru. Umumnya anak-anak butuh waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa. Usahakan untuk menidurkan anak di jam yang sama setiap hari, begitu juga dengan membangunkannya di pagi hari.

Kedisipilinan ini akan membantu anak ‘menertibkan’ ritme sirkadian tubuhnya. Dengan demikian, ia akan lebih mudah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama tanpa harus dibantu oleh orang lain. Waspadai pula gejala kurang tidur pada anak yang akan membuatnya mudah marah atau rewel, sulit berkonsentrasi, mudah sakit, lemas, dan lainnya. Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Mengajari anak hidup sehat sejak dini akan terasa manfaatnya ketika anak beranjak dewasa kelak.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan