KESEHATAN KELUARGA

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Bentuknya menyerupai serutan kayu yang tergulung dan dahulu dipakai sebagai rempah spesial untuk hidangan para bangsawan. Ternyata selain penambah aroma, banyak juga manfaat kayu manis untuk kesehatan.

Anissa Aryati | 14 September 2021

Bangsa Mesir sudah mengenal kayu manis sejak 2000 SM, namun saat itu kayu manis masih tergolong langka. Keberadaannya begitu bernilai sehingga kerap dijadikan hadiah bagi para raja. Kayu manis di lingkungan istana kebanyakan digunakan sebagai bumbu rempah serta tambahan aroma pada makanan atau minuman.

Selain dimanfaatkan dalam dunia kuliner, kayu manis juga diketahui dipakai dalam pengobatan tradisional Mesir kuno. Perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai penelitian yang dilakukan di masa moderen menemukan bahwa ternyata banyak manfaat kayu manis untuk mengobati serta mengurangi berbagai gangguan yang berhubungan dengan kesehatan.

Pengobatan alami

Rempah kayu manis ini diambil dari bagian batang pohon kayu manis. Proses selanjutnya adalah bagian kulit dalam diekstraksi dan kayunya dihilangkan. Saat kayu manis mengering akan membentuk potongan-potongan yang menggulung. Kayu manis tinggi akan kandungan senyawa cinnamaldehyde yang menghasilkan aroma serta rasa kayu manis yang khas. Cinnamaldehyde inilah yang juga memberi manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan:

1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidaktif dan mengakibatkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Kayu manis dengan polifenol mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah radikal bebas tersebut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis dalam sebuah penelitian disebutkan menempatkan kayu manis di urutan pertama dari 26 jenis rempah, bahkan mengungguli bawang putih serta oregano.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Bagian lain dari kayu manis yang memberi manfaat kesehatan adalah kulitnya. Dalam suatu penelitian disampaikan bahwa mengonsumsi kulit kering kayu manis yang direndam bersama teh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengencerkan darah. Kayu manis juga membantu menurunan trigliserida dan menjaga kolesterol baik (HDL) tetap stabil sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga kadar gula pada penderita diabetes

Diabetes terjadi ketika tubuh mengalami resistensi terhadap insulin dan tidak dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa dengan mengonsumsi satu sendok makan bubuk kayu manis sebelum makan, dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah.

4. Meningkatkan metabolisme

Kayu manis juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga pankreas dapat bekerja lebih baik dengan menahan enzim alanin. Hal ini juga mempermudah proses penyerapan glukosa dalam darah.

Masih banyak manfaat kayu manis untuk kesehatan, misalnya kandungan antioksidan kayu manis dapat menurunkan risiko peradangan (antiinflamasi) kronis dengan membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan tubuh. Sifat antimikroba pada kayu manis juga menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari bermacam gangguan kesehatan.

Jadi, demi kesehatan, tak ada salahnya sesekali menambahkan kayu manis ke dalam minuman teh, cokelat, atau kopi Anda, serta nikmatilah manfaatnya!

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan