KESEHATAN ANAK

Kebutuhan Karbohidrat Anak dengan Diabetes Tipe 1

Kebutuhan karbohidrat anak dengan diabetes tipe 1 perlu dikontrol agar kadar gula dalam darahnya tetap terjaga. Berapa banyak kebutuhan karbohidrat anak dengan diabetes tipe 1?

Dyah Soekasto | 1 Desember 2021

Agar tumbuh sehat, anak-anak membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk pertumbuhannya. Begitu juga dengan anak dengan diabetes tipe 1. Dalam sehari, anak membutuhkan sekitar 10%-20% kalori dari protein; 25%-30% kalori dari lemak baik, dan 50%-60% dari karbohidrat.

Berikan anak dengan diabetes tipe 1 karbohidrat kompleks yang bersumber dari sayur dan biji-bijian. Sumber karbohidrat ini juga kaya akan vitamin dan mineral serta serat, yang membantu mengontrol kadar gula darah. Sebaliknya, hindari karbohidrat sederhana, seperti roti putih, pasta dan biji-bijian olahan lainnya, permen dan makanan manis. Ini semua dapat meningkatkan gula darah terlalu cepat.

Menghitung karbohidrat

Banyak keluarga menjaga kadar gula darah anak tetap stabil dengan menghitung jumlah karbohidrat saat makan (atau camilan), kemudian menyesuaikan dosis insulinnya. Anda juga perlu mencermati bila anak makan di luar atau jajan. Baca label yang tertera pada kemasan. Masukkan ke dalam catatan Anda, berapa kadar karbohidrat yang tertera di kemasan tersebut.

Penetapan jumlah karbohidrat harian

Pilihan lain adalah meminta anak Anda makan sejumlah karbohidrat setiap kali makan dan nyemil. Mereka harus makan pada waktu yang sama setiap hari, dan juga mengonsumsi insulin pada waktu yang ditentukan. Anak tidak harus makan makanan yang sama setiap hari. Anda hanya perlu berpegang pada total karbohidrat yang ditetapkan untuk setiap makanan dan camilan.

Makanan dan camilan sehat
Sebagaimana anak pada umumnya, anak dengan diabetes juga suka ngemil. Berikut beberapa camilan sehat yang bisa menjadi pilihan;
  • Sayuran. Sajikan dengan berbagai cara, misalnya dikukus, dipanggang, sebagai campuran salad atau dicelupkan ke dalam saus atau hummus.
  • Potongan buah segar dengan kacang/selai kacang.
  • Produk susu seperti keju atau yogurt.
  • Telur bisa sangat fleksibel. Bisa disajikan dengan cara apa pun yang disukai anak.
  • Daging tanpa lemak termasuk unggas dan ikan
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Kerupuk gandum utuh dengan keju rendah lemak
  • Sereal berserat tinggi.

Ajak anak untuk mencoba makanan baru dan menemukan makanan yang mereka sukai. Dengan melibatkan anak dalam keputusan perencanaan makan, Anda dapat membantu ia merasa nyaman dengan kebiasaan sehatnya. Namun jangan lupa untuk membantu mengontrol asupan karbohidratnya sepanjang hari.

Referensi:

  • https://www.webmd.com/diabetes/diabetes-meals-children
  • https://www.childrens.com/health-wellness/what-is-the-best-diet-for-a-child-with-type-1-diabetes
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan