OBROLAN SERU

Etiket Menggunakan Gawai di Tempat Umum

Menggunakan gawai (gadget) di tempat umum memang perlu mengikuti etiketnya agar tidak mengganggu orang lain. Sebelum menegur orang lain, cobalah menjadi contoh dengan mengikuti etiket menggunakan gawai di tempat umum berikut ini.

Desi Hariana | 18 Desember 2019

Duh, paling kesal kan kalau di tempat umum dan kita mendengar orang berbicara di telepon keras-keras? Seakan-akan hanya ada dia saja di tempat tersebut. Atau saat mengadakan rapat, dan semua orang sibuk menunduk memerhatikan ponsel pintarnya. Tidak terlalu pintar, kan? Yang lebih parah lagi, melakukan swafoto alias selfie di manapun berada, bahkan di pemakaman. Wah, sepertinya mereka belum memahami etiket menggunakan gawai di tempat umum.

Agar penggunaan gawai tidak membuat kita menjadi orang yang tidak peduli sekitar atau dianggap tidak sopan, ikuti etiketnya berikut ini:

1. Hormati orang lain

Jika menggunakan ponsel, perhatikan lingkungan sekitar. Jangan menjawab telepon pada saat rapat, sebaiknya nada dering dibuat silent atau vibrate saja. Saat seseorang mengajak bicara, tatap wajahnya, jangan sibuk memerhatikan gawai Anda. Selain itu, hindari menjawab telepon dengan suara keras, orang lain tak perlu tahu urusan Anda juga, kan? 

2. Perhatikan keselamatan

Banyak orang melupakan keselamatan sendiri karena sibuk dengan gawai mereka. Jangan menjawab pesan atau menelpon tanpa perangkat hands-free saat menyetir. Hindari melakukan swafoto atau selfie di tempat berbahaya, misalnya di ujung jurang, di ketinggian, atau di jalan yang ramai.

3. Meminta izin

Jika Anda terpaksa mengangkat telepon kala sedang berbicara dengan orang lain, mintalah izin untuk mengangkatnya. Jika ini terjadi di tengah rapat, sebaiknya ke luar ruangan daripada mengganggu konsentrasi orang lain. Begitu juga dengan memotret sebuah kegiatan atau adegan yang menurut Anda menarik, tapi ada orang lain di dalamnya. Tidak semua orang suka difoto oleh orang asing, apalagi jika yang dipotret adalah anak-anak. Mintalah izin sebelum melakukannya.

4. Gangguan cahaya

Bukan hanya suara, cahaya dari gawai pun dapat menjadi gangguan. Terutama saat berada di ruangan yang sengaja digelapkan untuk kebutuhan tertentu, misalnya di bioskop atau saat sedang ada presentasi. Redupkan cahaya dari gawai kita, atau sebaiknya tidak menggunakan gawai hingga film atau presentasi berakhir. 

Itulah beberapa etiket dalam menggunakan gawai di tempat umum. Ajarkan juga hal ini pada anak-anak, agar mereka menjadi pribadi yang tahu bersikap secara pantas, terutama dalam hal menggunakan gawai. 

Referensi:

  • https://www.huffpost.com/entry/the-etiquette-of-personal_b_4619369
  • https://www.elaineswann.com/gadget-etiquette
  • https://www.inc.com/damian-bazadona/proper-gadget-etiquette.html
  • https://home.bt.com/tech-gadgets/phones-tablets/mind-your-manners-the-rules-of-modern-technology-etiquette-11363986141100
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Selanjutnya

Bergaul Cerdas di Medsos

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan