KESEHATAN ANAK

Camilan Penambah Kekebalan Tubuh Anak

Imunitas menjadi hal yang sangat penting di masa pandemik COVID-19 ini. Berikan camilan penambah kekebalan tubuh anak, sebagai salah satu usaha agar stamina anak terjaga dengan baik.

Dyah Soekasto | 9 Agustus 2021

"Apa yang Anda makan memiliki dampak terhadap kekebalan tubuh Anda," ungkap Leo A. Heitlinger MD, kepala bagian American Academy of Pediatrics divisi gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi. Jadi, sudahkah Anda ‘membentengi’ anak dengan imunitas tubuh yang baik? Salah satu caranya adalah melalui makanan yang ia konsumsi.

Memberi anak makanan utama yang sehat dan sarat nutrisi memang penting. Namun jangan hanya fokus pada makanan utama anak, tambahkan juga nutrisi anak lewat camilannya. Berikut lima camilan penambah kekebalan tubuh anak:

Yogurt. Yogurt mengandung kuman baik (probiotik), yang berperan dalam membantu tubuh melawan penyakit. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang minum yogurt memiliki risiko 19% lebih rendah terkena pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan.

Kefir. Selain yogurt, ada kefir (minuman susu asam) yang juga kaya akan probiotik sehat. Penelitian awal menunjukkan kefir dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

Kenari. Mengandung asam lemak omega-3, yang kaya manfaat, salah satunya membantu tubuh dalam melawan penyakit. Penelitian lain menemukan bahwa omega-3 mencegah infeksi pernapasan pada anak. Taburkan kenari pada cake atau cookies yang Anda buat untuk Si Kecil.

Buah dan sayur. Agar kekebalan tubuh baik, pilih buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, stroberi, paprika, brokoli, ubi jalar. Sajikan buah dan sayur dalam potongan kecil, lalu dibuat seperti sate dan siram dengan yogurt.

Daging tanpa lemak. Mengandung protein yang penting menjaga stamina tubuh. Selain itu daging mengandung seng (Zn) yang membantu sel darah putih melawan infeksi. Anda dapat menghidangkannya dalam bentuk bola-bola daging giling yang sudah diberi bumbu dan kemudian dikukus.

Tip meningkatkan kekebalan dengan makanan

  • Pilih berbagai makanan sehat. Jangan hanya terpaku pada makanan yang itu-itu saja. Misalnya; buah kiwi itu baik, namun bukan berarti anak harus makan 10 buah. Sebaiknya sajikan untuk anak berbagai variasi camilan dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.
  • Tahu batasannya. Tidak ada makanan yang bisa mencegah pilek atau flu. Tidak ada juga makanan/minuman yang bisa menyembuhkannya. Jika anak Anda sakit, itu bukan berarti Anda kurang memberi makanan sehat kepadanya.
  • Berikan anak makanan utuh. Jus jeruk memang mengandung vitamin C, tapi lebih baik biasakan anak makan jeruk utuh. Selain mendapat vitamin C, anak akan mendapat serat serta nutrisi lain yang terkandung dalam daging buahnya.

Walaupun terlihat hanya memberi sumbangan kecil pada keseluruhan nutrisi yang dikonsumsi anak, namun camilan ternyata juga dapat menjadi penambah kekebalan tubuh anak.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan