KESEHATAN KELUARGA

Bertanam Herbal di Rumah

Masa pandemik membuat banyak orang senang berkebun, mulai dari aneka aglaonema, anggur, anggrek, dan sebagainya. Bertanam herbal di rumah dapat menjadi salah satu pilihan, selain relatif mudah ditanam juga kaya manfaat.

Anissa Aryati | 26 Desember 2021

Anda sudah bertanam bunga dan melihat pemandangan menakjubkan di kebun kecil Anda saat bunga-bunga bermekaran. Indah, wangi, dan penuh warna. Berkebun memanjakan mata sekaligus menjadi cara untuk rileks. Tetapi berkebun dengan jenis tanaman yang sama sepanjang waktu ada kalanya terasa menjenuhkan. Bertanam herbal di rumah akan lebih menantang karena di luar kesenangan Anda dapat memanen hasil dan menikmati manfaatnya .

Manfaat herbal

Bertanam herbal di rumah bergantung pada tujuan yang ingin Anda dapat dari menanam tanaman tersebut. Tanaman herbal dari akar, batang, daun hingga bunganya memberi manfaat yang cukup besar dan beragam.

  • Sebagai pelengkap masakan: Bila Anda bertanam herbal karena tertarik akan manfaatnya di dapur, pilih kemangi, paprika, peterseli, ketumbar, oregano atau chervil ke daftar tanaman yang hendak Anda tanam.
  • Sebagai pengobatan alami: Anda bisa mencoba menanam daun mint, kunyit, kencur, temulawak atau famili Zingerberaceae lainnya. Di luar manfaatnya sebagai bahan pengobatan, keindahan dan keharuman tanaman herbal menjadi daya tarik sebagai bahan membuat potpourri atau hiasan daun yang digunakan sebagai pengharum.

Beberapa jenis tanaman hebal juga bermanfaat sebagai pewarna dan pengusir serangga, misalnya Lavender dan sereh.

Metode penanaman herbal

Tanaman herbal membutuhkan perawatan yang tidak terlalu rumit dan tahan terhadap serangan hama. Benih herbal dapat diperoleh di tempat pembibitan, toko ritel dan bahkan toko online. Anda bisa mendapatkan aneka bibit tanaman herbal, seperti; iris, bunga matahari, marigold, dan gulma Joe Pye.

Sebelum bertanam herbal di rumah sebaiknya ketahui apakah tanaman yang akan Anda tanam bersifat musiman atau tidak. Tanaman herbal cenderung tumbuh lebih baik dan memiliki aroma kuat bila ditanam di tanah yang gembur (tidak padat). Sedangkan  tanaman mint dan kayumanis lebih cocok ditanam di tempat lembab. Berbeda dengan herbal Mediterania, seperti lavender, rosemary, thyme dan oregano, mereka bisa tumbuh subur di bawah sinar matahari.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan