KESEHATAN AYAH

Gangguan Kesehatan Pria Saat WFH

Pandemi COVID-19 menyebabkan pekerjaan beralih ke rumah atau akrab disebut work from home (WFH). Hati-hati dengan gangguan kesehatan pria saat WFH.

Anissa Aryati | 13 April 2021

Bekerja dari rumah (work from home/WFH) bagi sebagian pria meski kurang memberi tantangan namun di sisi lain memberi keuntungan antara lain lebih dekat dengan keluarga, mengurangi kepenatan di kantor, dan terjebak macet. Meski demikian hati-hati dengan gangguan kesehatan pria saat WFH, bisa berupa gangguan mental maupun fisik.

Gangguan pendengaran

Bekerja dari rumah, artinya Anda harus mampu beradaptasi dengan banyaknya jadwal rapat on line atau seminar on line. Kondisi ini akan sangat mungkin menimbulkan kegaduhan, mulai dari nada dering ponsel, suara para peserta rapat di laptop. Belum lagi bila Anda menggunakan earphone yang selalu terpasang di telinga. Kondisi semacam ini bila berlangsung sehari-hari dan memakan waktu lama akan membuat Anda berisiko mengalami masalah dengan pendengaran.

Stress eating

Lapar saat bekerja dan berada di rumah memungkinkan Anda leluasa untuk mengakses makanan. Kondisi bekerja dari rumah memungkinkan Anda untuk makan kapan pun Anda mau dan dapat merubah kebiasaan pola makan yang sudah berlangsung sejak lama. Apabila perubahan besar dalam pola makan ini membuat Anda sulit mengontrol makan, maka kondisi ini dikhawatirkan menimbulkan stress eating (emotional eating) bagi Anda. Apa itu stress eating? Yakni seseorang yang mencari kenyamanan dengan mengonsumsi makanan yang belum tentu bernutrisi.

Gangguan ketegangan otot

Anda biasa duduk di kantor dengan suasana serta piranti yang sudah diperuntukkan untuk bekerja dengan nyaman. Bangku dan meja ergonomis alias sesuai dengan bentuk tulang duduk dan punggung. Ketika Anda bekerja di rumah, Anda kurang memperhatikan hal ini. Kondisi ini akan menimbulkan masalah pada kesehatan. Anda rentan mengalami ketegangan pada lengan, punggung, serta leher.

Stress relation

Masalah stress bisa muncul ketika Anda berada pada titik kejenuhan. Jenuh pada pekerjaan yang sedang dihadapi, jenuh pada suasana rumah, atau jenuh karena Anda butuh refreshing. Apabila kejenuhan tidak menemukan solusi dan berlangsung terus menerus maka akan berimbas pada hubungan Anda dengan pasangan, anak maupun anggota keluarga lainnya.  Kondisi ini yang sering disebut sebagai stress relation.

Ketika gangguan-gangguan kesehatan pada pria saat WFH muncul sudah tentu dibutuhkan solusi untuk berhenti sejenak dari kegiatan-kegiatan tersebut. Manfaaatkan selalu waktu untuk rileks dan beristirahat dengan berkumpul bersama keluarga sebelum Anda tenggelam dengan tumpukan pekerjaan.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan