KESEHATAN IBU

Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Osteoporosis atau pengeroposan tulang sangat rentan dialami oleh perempuan di masa tuanya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk cegah osteoporosis sejak dini.

Desi Hariana | 21 Oktober

Tanggal 20 Oktober diperingati sebagai Hari Osteoporosis Sedunia. Mari kita sama-sama mengetahui cara untuk cegah osteoporosis di usia tua dengan menabung kalsium di usia muda, terutama bagi anak-anak.

Sesungguhnya, pencegahan osteoporosis sudah dimulai sejak masa kanak-kanak, ketika mereka mendapatkan makanan yang baik untuk kesehatan tulang, juga tetap bergerak aktif. Dengan demikian, mereka juga dapat mencapai puncak massa tulang terbaik (peak bone mass). Hal ini penting mengingat semakin banyak massa tulang yang bisa diraih, maka akan menghindarkan kita dari tulang yang rapuh di usia tua.

Menurun di usia menopos

Bagi wanita, mencegah pengeroposan tulang sangat penting. Kerapuhan tulang biasanya dimulai sekitar usia 50 tahun, saat hormon estrogen mulai menurun.

Berita baiknya, osteoporosis bisa dicegah. Semakin cepat Anda memulai untuk menjaga kesehatan tulang maka akan semakin baik.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk cegah osteoporosis sejak dini?

  • Memastikan selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan protein, dua nutrisi kunci untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Mendapat vitamin D yang cukup. Vitamin D sebenarnya dibuat oleh tubuh di bawah kulit setelah terkena sinar matahari, itu sebabnya orang dewasa butuh sekitar 15 menit di bawah sinar matahari. Vitamin D juga bisa diperoleh dari beberapa makanan seperti ikan, telur, jamur, dan makanan turunan dari susu atau jus yang sudah difortifikasi
  • Menjaga berat badan normal, terlalu kurus (BMI di bawah 19) juga dapat membahayakan kesehatan tulang.
  • Selalu bergerak aktif. Lakukan olahraga untuk memperkuat otot atau angkat beban (disesuaikan dengan usia Anda).
  • Menghindari rokok dan minuman keras.
  • Pastikan Anda tahu risiko osteoporosis, lakukan diagnosis dini serta penanganannya.

Perhatikan tabel rekomendasi kebutuhan harian

Kalsium adalah mineral penting yang perlu Anda perhatikan asupannya setiap hari. Pastikan Anda tahu berapa banyak asupan kalsium yang dibutuhkan setiap hari bagi Anda sekeluarga karena kebutuhan kalsium setiap usia berbeda. Khusus untuk perempuan, kebutuhan kalsiumnya adalah sebagai berikut:

  • Usia 50 tahun ke bawah, 1.000 mg
  • Usia 51 tahun ke atas, 1,200 mg.

Begitu juga dengan protein dan vitamin D. Pastikan kebutuhan Anda dan keluarga terpenuhi dengan baik, bisa melalui sumber makanan sehari-hari atau juga dari suplemen.

Mari cegah osteoporosis sejak dini!

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan