KESEHATAN ANAK

Berkumur dengan Larutan Antiseptik

Anggapan bahwa larutan antiseptik dapat membunuh bakteri membuat orang melakukan kebiasaan berkumur dengan larutan antiseptik. Amankah jika melakukan hal ini?

Drg. Wina E. Darwis, Sp.KGA | 25 September 2020

Obat kumur mempunyai khasiat dan fungsi yang berbeda-beda, beberapa di antaranya dipakai khusus untuk kondisi tertentu dalam jangka waktu yang tertentu pula. Rongga mulut merupakan ekosistem bakteri yang secara normal hidup bersama-sama. Menekan jenis mikroorganisme tertentu dapat menyebabkan peningkatan jenis mikroorganisme lainnya.

Sesuai indikasi

Kebiasaan berkumur dengan larutan antiseptik sebaiknya memang harus disesuaikan dengan indikasi dan saran dokter. Keluhan apa yang dirasakan sehingga merasa perlu berkumur dengan cairan antiseptik? Apabila hanya sebagai penyegar, maka beberapa obat kumur yang tersedia di pasaran aman untuk dipakai sehari-hari.

Pastikan membaca label pada kemasannya. Beberapa obat kumur mengandung alkohol dengan konsentrasi yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan gangguan pada mukosa (kulit) di dalam rongga mulut.

Amankah untuk anak?

Penggunaan obat kumur untuk anak, kecuali pada beberapa kasus khusus, tidak disarankan. Hati-hati, anak balita umumnya belum mampu berkumur dengan sempurna, sehingga sebagian obat kumur kemungkinan besar tertelan. Membersihkan rongga mulut anak cukup dengancara sikat gigi dua kali sehari dengan sikat dan pasta gigi sesuai umur dan dibantu dengan flossing (penggunaan benang gigi) untuk membersihkan sela-sela gigi.

Jika Anda merasa ada keluhan mulut kering, bau mulut, gusi berdarah, dll, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi. Dengan demikian dokter gigi akan membantu menentukan jenis obat kumur yang tepat untuk digunakan.

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan