KESEHATAN KELUARGA

Lindungi Mata Anda Selama Pandemi Covid-19

Salah satu anjuran mencegah penularan virus Corona adalah menghindari tangan menyentuh mata, hidung dan mulut. Lindungi mata Anda selama pandemi Covid-19 ini.

Dyah Soekasto | 22 September 2020

“Demikian banyak kekhawatiran tentang virus Corona, tetaplah waspada dan berpikir sehat untuk mengurangi risiko terinfeksi. Cuci tangan Anda, jaga kebersihan lensa kontak dengan baik, dan hindari menyentuh atau menggosok hidung, mulut, dan terutama mata Anda,” kata dokter mata Sonal Tuli, MD, juru bicara American Academy of Ophthalmology (AAO).

Jaga kesehatan mata Anda

Berikut adalah panduan yang dikeluarkan oleh AAO untuk lindungi mata Anda selama pandemi COVID-19:

1. Jika Anda pengguna lensa kontak, pertimbangkan untuk beralih ke kacamata.

Memang tidak ada bukti bahwa memakai lensa kontak meningkatkan risiko infeksi virus Corona. Namun pemakai lensa kontak lebih sering menyentuh mata mereka daripada orang kebanyakan.

2. Mengenakan kacamata bisa menambah lapisan perlindungan.

Lensa korektif atau kacamata hitam dapat melindungi mata Anda dari droplet. Namun perlu diingat bahwa langkah ini tidak memberikan keamanan 100%. Virus masih dapat mencapai mata Anda dari sisi, bagian atas, dan bawah kacamata Anda yang terbuka. Jika Anda merawat pasien yang sakit atau orang yang berpotensi terpapar penyakit, kenakan kacamata pengaman khusus (goggle).

3. Minta resep obat mata pada dokter Anda.

Para ahli menyarankan pasien untuk membeli obat-obatan penting, agar  memiliki cukup obat saat pandemi. Ini untuk menjamin persediaan obat selama wabah. Coba hubungi dokter mata Anda untuk membicarakannya.

4. Hindari menggosok mata Anda.

Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan alami ini, tetapi tidak menggosok mata dapat menurunkan risiko infeksi. Jika Anda merasa gatal dan menggosok mata atau bahkan sekadar untuk membenarkan posisi kacamata, gunakan tisu yang bersih.

Risiko akan semakin besar bila mata Anda tergolong mata kering, karena dapat menyebabkan lebih banyak gesekan, jadi pertimbangkan untuk memberi obat tetes untuk melembabkan mata Anda. Jika Anda harus menyentuh mata karena alasan apapun, misalnya memberikan obat mata, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Kemudian cuci tangan kembali setelah menyentuh mata Anda.

5. Praktikkan protokol kesehatan dan jaga jarak.

Sekali lagi, sering-seringlah mencuci tangan, jaga kebersihan lensa kontak dengan baik dan benar. Hindari menyentuh atau menggosok hidung, mulut dan mata Anda.

Anda tak ingin jendela dunia Anda tercemar keindahannya bukan, ayo lindungi mata Anda selama pandemi Covid-19.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan