KESEHATAN ANAK

Kaki Anak Berbentuk O

Kondisi kaki berbentuk O sering ditemukan pada anak. Ada yang bisa membaik dengan sendirinya, namun ada juga yang membutuhkan penanganan khusus dari dokter spesialis ortopedi. Apa yang perlu dilakukan jika kaki anak berbentuk O?

Anissa Aryati | 17 Januari 2022

Bentuk kaki O atau kaki merpati dalam istilah medis disebut metatarsus adductus. Kondisi abnormalitas ini adakalanya bisa dilihat dengan jelas, sebagian juga tidak. Berikut adalah faktor penyebab juga cara mengatasinya.

Faktor penyebab kaki O

Struktur kaki, baik pada anak maupun orang dewasa, terbentuk dari 26 tulang dan 35 sendi yang disatukan oleh ligamen. Pada kondisi normal, bentuk maupun posisi kaki akan terlihat proporsional. Pada kaki yang berbentuk O, bentuk kaki cenderung melengkung dengan bagian depan kaki mengarah ke dalam. Sementara pada kaki bagian dalam akan terlihat sedikit roboh.

Penyebab kaki anak berbentuk O antara lain:

  • faktor genetik
  • keterbatasan ukuran rahim yang membuat posisi kaki bayi berbelok ke arah dalam
  • gangguan di luar kandungan, tulang-tulang di bagian bawah mengalami pertumbuhan yang tidak normal.

Sembuh sendiri ataukah perlu bantuan?

Kaki berbentuk O lebih sering ditemuan pada anak dibandingkan orang dewasa, dengan persentase lebih tinggi pada anak perempuan. Bentuk kaki O pada anak dapat terjadi pada salah satu maupun kedua kaki.

Gejala yang ditemukan diantaranya:

  • Deformitas kaki, lengkungan tinggi pada jempol kaki yang terlihat terpisah jauh dari jari kaki lainnya.
  • Cara berjalan yang tidak normal. Jika terjadi pada salah satu kaki, juga dapat berpengaruh pada kaki yang lainnya.
  • Jari-jari kaki akan berputar pada saat digunakan untuk berjalan atau berlari sehingga menyebabkan anak sering tersandung.
  • Postur tubuh yang tidak normal.

Pada kasus yang ringan, kaki anak berbentuk O dapat membaik dengan sendirinya, salah satu caranya melalui latihan perenggangan kaki. Pada kasus yang cukup sulit, dokter ortopedi dapat merekomendasikan pembedahan saat anak berusia 4 tahun atau lebih. Prosedur pembedahan biasanya melibatkan osteotomi berupa pemotongan pada bagian tulang tertentu, untuk kemudian dipasangkan pelat atau sekrup agar posisi kaki menjadi lurus.

Referensi:

Tag Terkait
kaki
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan