KESEHATAN KELUARGA

Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

COVID-19 bukan hanya mengancam kesehatan fisik semata, namun juga berdampak buruk bagi kesehatan mental masyarakat. Lantas, bagaimana caranya meningkatkan kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19?

Dyah Soekasto | 9 Oktober 2021

Setiap 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (World Mental Health Day). Peringatan kali ini ditandai dengan terjadinya pandemi COVID-19 yang telah mengubah begitu banyak aspek dalam kehidupan masyarakat. Tingkat kecemasan di semua lapisan masyarakat meningkat, sehingga rentan memicu timbulnya gangguan kesehatan jiwa.

Lebih berat lagi bagi mereka yang telah memiliki gangguan kesehatan mental sebelumnya. Inilah yang mendasari diangkatnya tema: “Mental health care for all: let's make it a reality.”

Agar terhindar dari gangguan kesehatan mental, ketahui cara meningkatkan kesehatan mental berikut ini:

Biarkan tubuh bergerak

Salah satu cara yang paling dianjurkan untuk mendapatkan kesehatan mental yang baik adalah dengan berolahraga. Menggerakkan tubuh Anda menyebabkan pelepasan endorfin yang menghilangkan stress, rasa cemas, sedih, stres dan memperbaiki emosional Anda.

Berada di lingkaran orang-orang baik

Pastikan dalam keseharian Anda berada di lingkungan yang mendukung, memberikan energi positif bagi Anda. Berada di sekitar orang-orang yang ‘salah’ dapat berkontribusi buruk pada kondisi mental dan mengundang masalah tambahan ke dalam hidup Anda.

Dahulukan kebutuhan Anda

Menjaga perasaan orang lain di sekitar Anda mungkin bagus, tapi yang lebih penting adalah mengetahui kapan harus mengutamakan kebahagiaan dan kebutuhan diri sendiri. Jika selalu mengutamakan orang lain, Anda akan menjadi yang terakhir. Bukan berarti Anda harus mengabaikan perasaan atau kebutuhan orang-orang yang Anda sayangi, tetapi Anda harus menyadari kapan perlu menjaga diri sendiri.

Pastikan cukup tidur

Sama seperti olahraga, tubuh perlu didukung agar tercapai keseimbangan, istirahat malam yang baik adalah cara terbaik meningkatkan kesehatan mental Anda. Saat Anda tidur, otak dan tubuh terasa segar. Ibarat tengah diisi ulang. Dan pada saat bangun pagi, tubuh terasa sehat dan sehat.

Menurut National Institutes of Health, tidur merupakan kebutuhan untuk menjaga fungsi psikologis agar selalu terjaga. Menikmati waktu tidur yang berkualitas secara konsisten telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi belajar dan memori, keduanya berdampak pada kesehatan mental Anda.

Tip menuju tidur berkualitas:

  • Matikan ponsel atau laptop 60 menit sebelum tidur.
  • Hindari alkohol, kafein, atau makanan berat sebelum tidur.
  • Matikan lampu sebelum tidur.
  • Tidur dan bangun pada waktu yang teratur dan konsisten.

Yuk menulis!

Menuangkan pikiran Anda dalam sebuah tulisan di atas kertas baik untuk meningkatkan kesehatan mental. Prosesnya bersifat terapeutik dan dapat membantu mengurai emosi Anda. Menulis tidak hanya penghilang stres yang hebat, tetapi juga memungkinkan Anda untuk berefleksi.

Kurangi kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk dapat menjadi petaka pada kesehatan mental. Beberapa diantaranya sering memaksakan diri bekerja hingga malam, makanan kurang sehat, mudah marah, dan sebagainya. Menghilangkan kebiasaan buruk mungkin sulit pada awalnya, namun Anda akan berterima kasih pada diri sendiri ketika kesehatan mental Anda pun membaik.

Lakukan hobi baru

Melakukan hobi baru yang sehat terbukti baik bagi kesehatan mental Anda. Idealnya, hobi ini harus menjadi sesuatu yang bisa dinikmati dan dapat dilakukan secara semi-reguler. Anda dapat melakukan hobi baru ini sendiri atau bersama teman. Saat Anda berupaya meningkatkan kesehatan mental, jangan lupa untuk bersabar dan memberi diri Anda waktu. Memperbaiki diri sendiri selalu membutuhkan waktu, kesabaran, dan konsistensi.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan