KESEHATAN KELUARGA

7 Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Keju adalah sumber kalsium dan protein yang baik, namun keju juga mengandung lemak jenuh dan natrium. Bagaimana pun, manfaat keju lebih banyak dibanding kerugiannya. Berikut tujuh manfaat keju bagi kesehatan.

Dyah Soekasto | 18 Desember 2019

Selain rasanya yang gurih dan disukai banyak orang, keju merupakan produk susu yang menjadi sumber terbaik untuk kalsium dan nutrisi lainnya. Berikut tujuh manfaat keju bagi kesehatan:

1. Kesehatan tulang

Mengandung kalsium, protein, magnesium, seng, vitamin A, D, dan K. Dengan demikian keju menjadi sumber terpercaya untuk perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan dewasa muda, serta mencegah osteoporosis.

2. Kesehatan gigi

Kalsium berperan penting dalam pembentukan gigi, dan keju adalah sumber kalsium yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan keju dapat meningkatkan tingkat pH email untuk melawan plak gigi, menawarkan perlindungan terhadap gigi berlubang.

3. Tekanan darah

Orang yang makan lebih banyak keju memiliki tekanan darah rendah, namun pilih keju yang rendah lemak dan natrium. Kandungan kalsium dalam keju membantu mengurangi tekanan darah. 

Keju rendah sodium dan lemak antara lain keju Swiss, keju cottage, keju ricotta, parmesan, feta, keju kambing, dan keju krim.

Sebaiknya Anda rajin membaca kemasan keju sebelum membelinya. Periksa informasi nutrisinya, karena beberapa keju rendah lemak menambahkan kandungan natrium.

4. Menyehatkan pembuluh darah

Pada 2014, para peneliti menyimpulkan bahwa produk susu bisa menjadi sumber antioksidan yang baik, yakni glutathione. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan otak dan mencegah degenerasi saraf terkait usia.

Pada 2016, para ilmuwan juga menemukan bahwa sifat antioksidan keju dapat melindungi terhadap efek negatif natrium, setidaknya, dalam jangka pendek.

5. Meningkatkan bakteri baik 

Sebagai makanan fermentasi, keju dapat membantu meningkatkan bakteri baik yang menyehatkan usus. Ini berefek positif terhadap kadar kolesterol darah. Demikian menurut hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015.

6. Asam lemak Omega-3

Ini terdapat di beberapa jenis keju, terutama yang terbuat dari susu yang diproduksi oleh sapi yang memakan rumput Alpine. Asam lemak Omega-3 diyakini bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan otak.

7. Menyehatkan sel tubuh

Sel membutuhkan protein untuk beregenerasi. Satu ons keju cheddar dapat menyumbang 7 g protein ke dalam tubuh kita. Jumlah protein yang direkomendasikan untuk setiap orang tergantung pada usia, berat badan, dan tingkat aktivitas mereka. 

Jadi tak perlu ragu lagi akan manfaat keju bagi kesehatan. Sertakan keju dalam berbagai olahan istimewa keluarga Anda.

Referensi:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/299147.php#8_health_benefits_of_cheese
  • https://www.healthyeating.org/Milk-Dairy/Nutrients-in-Milk-Cheese-Yogurt/Nutrients-in-Cheese
Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Bergaul Cerdas di Medsos

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan